Rabu, 25 Januari 2017

NASKAH PIDATO TEMA KEDISIPLINAN



Naskah Pidato
Tema  Disiplin Dimulai dari Diri Sendiri


Assalamu’alaykum wr wb,
Yang  terhormat bapak ibu dewan juri lomba pidato bahasa Indonesia tingkat kecamatan Majenang, yang saya hormati bapak ibu guru pendamping,  serta teman-teman peserta lomba yang berbahagia.
Puji syukur kehadirat Tuhan Yang Maha Esa atas segala rahmat taufik serta hidayahNya yang terus mengalir dalam kehidupan kita.
Hadirin yang saya hormati,
Pada kesempatan ini perkenankanlah saya menyampaikan pidato dengan tema Disiplin Dimulai dari Diri Sendiri.
Hadirin sekalian, saat berpikir tentang masa depan, kita menginginkan kesuksesan. Untuk mewujudkannya, banyak hal yang yang harus kita persiapkan. Tiga modal utama untuk meraih masa depan yang gemilang adalah mencintai ilmu, terus belajar meski sulit, dan yang terpenting disiplin.
Disiplin adalah taat, patuh, dan ikut terhadap peraturan yang ada yang bertujuan untuk membuat semua hal yang kita lakukan menjadi teratur dan sesuai dengan apa yang kita inginkan. Disiplin diri berarti melatih diri melakukan segala sesuatu dengan tertib dan teratur secara berkesinambungan untuk meraih impian dan tujuan yang diharapkan.
Kebiasaan yang kita lakukan akan menentukan masa depan kita. Disiplin bisa menjadikan pribadi kita lebih baik. Semua yang baik dalam kehidupan ini selalu dimulai dengan disiplin. Misalnya, disiplin menabung akan menjadikan kita terbiasa dengan hidup hemat.  Disiplin membaca akan membuat kita terbiasa belajar dan berwawasan luas. Disiplin bangun pagi akan membiasakan kita hidup teratur.
Hadirin yang saya hormati,
Bagaimana kita bisa belajar disiplin? Pertama, karena disiplin menunjukan pola keteraturan, maka satu hal yang terpenting adalah manajemen waktu artinya kita harus menghargai waktu, belajar tepat waktu dan tidak pernah terlambat. Kedua, belajar membuat rencana terjadwal, sehingga tidak ada waktu kita yang terbuang percuma dan otomatis kita akan menghemat waktu. Ketiga, belajar menyusun prioritas, atau memilih, memilah, dan mendahulukan kegiatan yang lebih penting.
Disiplin harus senantiasa kita upayakan. Beberapa hal yang dapat kita lakukan untuk melatih kedisiplinan diantaranya adalah :
1.    Kalahkan diri sendiri.
Kita harus mampu menghilangkan rasa malas, ingin hidup seenaknya, dan mengikuti keinginan hati.
2.    Lakukan kegiatan selingan di luar rutinitas
Untuk mengurangi rasa bosan, kita bisa melakukan kegiatan selingan yang positif seperti berkumpul bersama keluarga, saling berbagi cerita, atau bercanda.
3.    Fokuskan pikiran pada cita-cita yang ingin dicapai.
Jangan mudah tergoda dengan hal-hal yang kurang bermanfaat apalagi tidak mendukung tercapainya cita-cita kita.
Hadirin yang saya hormati,
Ada suatu pepatah, kedisiplinan adalah penjara yang sempit. Tapi tanpa kedisplinan bagaikan melepaskan seluruh tahanan dari penjara. Artinya kedisiplinan membuat kita merasa terkekang. Tapi  tanpa kedisiplinan hidup kita akan berantakan. Bahkan berdampak pada dunia yang kacau tanpa aturan.
Melatih kedisiplinan itu tidak mudah, karenanya perlu kesabaran dan semangat pantang menyerah. Marilah kita awali dengan ‘Tiga Mulai’, mulai dari diri sendiri, mulai dari yang kecil, dan mulai dari sekarang. Semoga kita diberi kemudahan agar selalu sabar dan pantang menyerah menerapkan kedisiplinan untuk  mewujudkan harapan dan impian di masa depan.
Sekian pidato yang saya sampaikan. Mohon maaf apabila banyak kekurangan. Terima  kasih,
Wassalamu’alaikum wr wb.


Naskah pidato ini pernah ditampilkan dalam FLS2N tingkat Kecamatan Majenang dan Kabupaten Cilacap Tahun 2014

Tidak ada komentar:

Posting Komentar