Pengembangan Bahan Ajar
Bahan ajar atau materi pembelajaran (instructional materials) adalah pengetahuan, keterampilan, dan sikap yang harus dipelajari siswa dalam rangka mencapai kompetensi yang telah ditentukan. Secara terperinci, jenis-jenis materi pembelajaran terdiri dari pengetahuan (fakta, konsep, prinsip, prosedur), keterampilan, dan sikap.
Pengembangan bahan ajar perlu
dilakukan secara sistematik berdasarkan langkah-langkah yang saling terkait
untuk menghasilkan bahan ajar yang bermanfaat. Paling tidak ada lima langkah utama dalam prosedur
pengembangan bahan ajar yang baik, sebagai berikut
Pada tahap ini dicoba untuk
mengenali sasaran , dengan perilaku awal dan karakteristik yang
dimilik
2. Perancangan
Dalam tahap perancangan, ada beberapa
hal yang harus dilakukan atau diperhatikan yaitu perumusan tujuan pembelajaran berdasarkan analisis, pemilihan tema, pemilihan media dan sumber, dan pemilihan strategi pembelajaran
3. Pengembangan
Persiapan dan perancangan yang
matang sangat diperlukan untuk mengembangkan bahan ajar dengan baik. Beberapa
saran yang dapat membantu untuk memulai pengenbangan bahan ajar:
4. Evaluasi dan Revisi
Evaluasi merupakan proses untuk
memperoleh beragam reaksi dari berbagai pihak terhadap bahan ajar yang
dikembangkan. Reaksi ini hendaknya dipandang sebagai masukan untuk memperbaiki
bahan ajar dan menjadikan bahan ajar lebih berkualitas. Evaluasi sangat
diperlukan untuk melihat efektifitas bahan ajar yang dikembangkan. Apakah bahan
ajar yang dikembangkan memang dapat digunakan untuk belajar-dimengerti, dapat
dibaca dengan baik dan dapat membelajarkan peserta. Di samping itu evaluasi
diperlukan untuk memperbaiki bahan ajar sehingga nmenjadi bahan ajar yang baik.
Berikut ini contoh bahan ajar yang dikembangkan oleh penulis
Tidak ada komentar:
Posting Komentar